Senin, 24 Mei 2010

My Parent


Jauh dari ortu

Gimana yah perasaan kita saat kita gak bersama-sama dengan orang tua kita?

Photobucket

Nah... pertanyaan itu akan segera terjawab oleh diriku sendiri saat aku bakal kuliah ke Jogjakarta, Agustus tahun ini.

Setelah melewati masa-masa under mom and dad’s guide, dari aku bayi sampai aku selesai SMA, akhirnya aku mulai sedikit mengerti bagaimana perasaan orang waktu pisah jauh dari orang tuanya bahkan sampai meninggalkannya selama-lamanya...

Memang ya, jadi orang tua itu susahhh banget..

Kenapa? Yah karena dia harus mendidik dan merawat anaknya sampai anaknya nanti bisa dan mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang tuanya, ibarat seekor induk ayam yang sudah membiarkan anak ayamnya mencari makan sendiri.

Aku, masih beruntung, gak seperti anak ayam. Anak ayam itu masih kecil banget udah di biarin sama orangtuanya, gak kayak aku yang sampai sekarang masih beratt banget buat jauh dari orang tua.

Aku dari kecil selalu dilimpahi dengan kasih sayang keluarga, terutama dari papa dan mama. Walaupun kalau diingat-ingat masa kecilku yang super ketat soalnya papa orangnya tegas dan keras dalam mendidik anak, tapi udah mulai terlihat hasilnya, aku jadi anak yang gak terlalu manja dan mandiri.

Sebenarnya, aku enggak takut kalau harus berjauhan dari orangtua, gak masalah sih.. tapi yang aku takutkan itu, aku gak bisa membentengi diri sebaik selama aku bersama orangtuaku, lagipula aku takut banget sendirian, makanya makin susah deh aku untuk jauh dari ortu..

Tapi, aku bakal berusaha supaya aku bisa mandiri, betul betul mandiri... nanti kan di Jogja segala sesuatunya aku kerjakan sendiri... tidur sendiri,nyuci sendiri,nyapu sendiri, masak sendiri, pergi kemana-mana sendiri, belajar sendiri, ke gereja sendiri, apa-apa sendiri deh pokoknya!

Waktu kakak sepupuku baru beberapa bulan tinggal jauh dari orangtuanya, soalnya dia SMP di Pontianak jadi tinggal sama-sama aku, kelihatannya dia stress berat.. dia selalu aja nangis tiap malam, katanya sih dia kangen dengan mamanya...

Pas dengar dia curhat gitu, masih enggak ngena banget... aku masih merasa biasa ajalah... kan masih di tempat keluarga...

Tapi, lama-lama dia kerasan juga di rumah ku, malah udah seperti rumahnya sendiri setelah 5 tahun tinggal dengan kami.. yah.. memang gitu kali ya.. kalo udah kebiasaan jadi enggak kerasa juga..

Aku pengen juga, bisa mandiri.. makanya papa mengirim aku ke Jogjakarta buat kuliah, buat tahu, hidup sendiri tuh seperti apa! Kalau di rumah semuanya ada yang ngurusin, tapi kalau udah sendiri, jangan harap deh!

Tapi, saat ini juga aku udah mulai ngerasa kangen berat dengan papa... Soalnya papaku kerja di luar kota, jadi pulang ke rumah paling 3 bulan sekali dan itu pun gak lama... apalagi sekarang aku libur panjang... jadi tambah kangen..

Lah, baru gak ketemu papa aja udah kangen berat gini, apalagi kalau jauh dari dua-duanya..??

Yah, yang terpenting aku masih bersyukur karena aku masih punya papa dan mama dan masih bisa merasakan kasih sayang dan perhatian dari keluarga yang lengkap..

Aku punya teman sekelas dulu di SMA.. dia dari keluarga broken home.. papa dan mamanya bercerai saat dia masih SD..

Waktu pertama kenal dia saat SMP, dia alimm banget... baik banget.. sopan dan masih terkontrol perilakunya, kemana-mana selalu sama sahabatnya dan gak banyak buat masalah. Pergaulannya juga masih wajar, masih berteman dengan aku dan teman-teman yang emang gak suka cari masalah si sekolah.

Tapi, ketika kami sama-sama masuk SMA dan ketemu lagi saat kelas 3, aku baru tahu ternyata ia mengalami perubahan yang sangat drastis gara-gara perceraian orangtuanya itu. Memang sih, dia beruntung karena dia terlahir dari keluarga kaya ( yah, harus banyak yang disyukuri walaupun menderita, ya kan?), so dia gak terlalu mangkir alias bebas..

Tapi, aku paling gak tahan dengan mulutnya itu! Selalu berkata-kata gak pantas, kayak an****, f***, b**i lah... pokoknya gitu deh... dia juga emosional banget, ngomongnya suka nyolot emosi orang, sampai-sampai dia pernah ditampar oleh wali kelasku gara-gara dia gak memperhatikan pelajaran, hi.. serem deh pokoknya... dia banyak buat masalah..

Namun, disamping dia begitu, sebenarnya dia sangat menderita. Menderita karena dia gak dapat kasih sayang penuh dari orangtuanya sama seperti teman-teman lainnya. Kadang aku lihat, dia melampiaskan rasa gak diperhatiin dengan cari perhatian sendiri dan buat masalah, ingin membuktikan eksistensinya yang berlebihan..

Dari situ, aku banyak banget bersyukur sama Tuhan, walaupun setiap hari bertengkar dengan mama dan papa, tapi disitulah aku bisa mendapatkan perhatian, perhatian yang benar dengan cara yang benar ( hehehe..)

Sekarang, temanku itu udah mau berangkat kuliah ke Sydney, dia ambil jurusan tata boga.. waktu terakhir aku bertemu dengannya, justru dia gak terlihat menggebu-gebu seperti dulu.. mungkinkah sudah ada perubahan dalam dirinya?

Yang jelas.. aku mau tahu gimana rasanya jauh dari orangtua, tapi yang sebelumnya aku mau bersyukur kalau aku masih punya papa dan mama sampai saat ini...

Photobucket

0 komentar on "My Parent"

Posting Komentar

 

It's me...

Foto saya
Just an ordinary girl.. nothing special.. ^^
Photobucket

Coffee and Pastels From me to you Copyright 2010 All links in this blog just taken from another site and already exist at there or already uploading. Coffee and Pastels does not host any links here.Updating links every weeks. Thank you for visiting Coffee and Pastels personal blog. Designed by Here Image by Tadpole's Notez